Mengenai Saya

Foto saya
Science without religion is blind and Religion without science is lame

Jumat, 12 Desember 2008

> Soal SHI dan Ijtihaf

101. Sumber hukum islam yang bersifat ittifaq alaih terbagi menjadi
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
102. Berdasarkan ijma’ bahwa hukum mendirikan khilafah adalah......
a. pardu ain b. Pardu kifayah c. Sunnah d. Haram e. Jaiz
103. Berikut ini adalah isi pokok Al Qur’an, kecuali.....
a. Basyiran wa Nadziran b. Tauhid c. Hukum-hukum d. Mukjizat e. Ibadah dan muamalah
104. Menurut bahasa, hadits diartikan sebagai...
a. as sunah b. al khabar c. al manhaj d. al qadim e. al qudsi
105. Peristiwa Khalid bin Walid ketika memakan daging sejenis biawak adalah contoh sunah….
a. Qauliyah b. Fi’liyah c. Taqririyah d. Hammiah e. Qudsi
106. Nama lain dari hadits palsu adalah hadits…
a. maudlu b. dla’if c. gorib d. mudlthorrib e ahad
107. Sumber hukum islam yang ke 3 adalah...
a. Istihsan b. Qiyas c. Ijma’ d. Istishab e. Sunnah
108. Diantara Imam yang menolak ijma’ sukuti sebagai sumber hukum adalah....
a. Imam Syafei b. Imam hanafi c. Imam Hambali d. Imam Thobari e. Imam Sayuti.
109. Diantara ayat yang ditafsirkan maksudnya Ulil Amri sebagai Mujtahid terdapat dalam QS :
a. Ali Imran : 59 b. Al baqarah : 150 c. Al Imran : 150 d. An Nisa : 59 e. An Nahl : 20
110. Contoh hukum hasil ijma’ adalah.....
a. warisan untuk nenek adalah 1/6 b. Sholat Magrib 3 rakaat c. Adanya penjara d. Pembayaran pajak e. Dicetaknya uang.
111. Dalam penatapan hukum, al Qur’an bersifat Qillatut Taklifi artinya..
a. tidak menyulitkan b. Menyedikitkan beban c. Bersifat global d.tidak sekaligus e. Berangsur-angsur.
112. Suatu permasalahan yang baru ditemukan, dan belum ada hukumnya dalam nas, akan tetapi jika illatnya sama dengan permasalahan yang sudah ada hukumnya, maka masalah tersebut hukumnya sama. Permasalahan baru itu dalam Qiyas disebut......
a. Illat b. Al Ashlu c. Al hukmu d. Al far’u e. Al Qiyas.
113. Talfiq boleh dilakukan jika ada uzur atau situasi yang tidak terhindarkan. Pendapat ini adalah menurut...
a. Imam Syafei b. Imam Maliki c. Imam Hanafi d. Imam Ghazali e. Imam Hambali.
114. para ulama menetapkan bahwa Taqlid Mazmumumah hukumnya adalah....
a. jaiz b. Makruh c. Wajib d. Haram e. Sunah
115. Dinukilkan oleh orang yang adil, sanadnya bersambung, tidak ada ilat maupun Syad, tapi kurang dlabit, adalah pengertian hadits…
a. gorib b mauquf c marfu d. hasan e. A’ziz
116.
ا تـفـا ق جـمـيع ا لـمـجـتـهـد يـن مـن ا لـمـسـلـمـيـن فى عـصــر مـن ا لـعـصـور بـعـد وفـاة ا لـرسـو ل عـلى حـكـم شـر عـيى فى وا قـع مـن ا لـو قـا ئــع
Kalimat diatas merupakan definisi dari…..
a. Qiyas b. Istihsan c. Ijma’ d. Mashlahah ar mursalah e.’Urf
117. Tidak membantah pendapat mujtahid yang lain walaupun tidak setuju adalah merupakan ijma’....
a. Qauli b. Sukuti c. Kinayah d. Sharih e. Naumi
118. Ijma’ yang pertama kali dilakukan dalam ajaran islam adalah.....
a. pengumpulan dan pembukuan al Qur’an b. Menetapkan sunnah sebagai sumber hukum c. Pengangkatan khalifah d. Pendirian ‘Aqdiyah e. Penentuan satu Ramadhan.
119. Hadits yang periwayatannya disandarkan kepada sahabat disebut hadits….
a. maukup b. mursal c. shahih d maqthu’ e. marfu’
120. Diantara fungsi hadits adalah memberikan rincian dan tafsiran terhadap ayat qur’an yang masih bersifat global, yang disebut...
a. bayan tasyri’ b. Bayan nasakh c. Bayan taqyid d. Bayan tafsir e. Bayan takhshish.
121. Jika hukum Al far’u lebih utama dari hukum Al Ashlu, maka disebut qiyas.....
a. adna b. Sharih c. Khafi d. Aula e. Musawi.
122. Istilah lain untuk “ tindakan preventif “ dalam sumber hukum islam adalah...
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.




لا تـجـتـمـع أ مـتى عـلى ا لــضـلا لـة ( ر و ا ه أ بـن مـا جـه )
123. Yang dimaksud dalam hadits di atas adalah berkaitan dengan masalah……
a. Qiyas b. Istihsan c. ’Urf d. Ijma’ e. Mashlahah ar mursalah
124. Qiyas menurut bahasa adalah.....
a. melihat b. Menanam c. Mencari d. Mengukur e. memotong
125.
أ لـحـا ق أ مـر غـيـر مـنـصـو ص عـلى حـكـمـه بـأ مـر آ خـر مـنـصـو ص عـلى حـكـمـه لا شـتـرا ك بـيـنـهـمـا فى عـلـة ا لـحـكـم
Pernyataan di atas adalah merupakan definisi dari…..
a. Qiyas b. Istihsan c. ’Urf d. Ijma’ e.Mashlahah ar mursalah
126. Jumlah rukun qiyas adalah...
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
127. Hukum taklifi terbagi menjadi...
a. 3 b. 4 c. 5 d. 6 e. 7
128. Diantara Ulama yang menggunakan Istihsan sebagai Sumber hukum adalah...
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam Ghazali
129. Ijtihad yang dilakukan terhadap sesuatu masalah atau peristiwa yang belum terjadi hukumnya adalah...
a. wajib ‘ain b. wajib kifayah c. Sunah d. Makruh e. Mubah
130. Berdasarkan kuat lemahnya hukum, maka qiyas dibagi menjadi.....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
131. Penetapan hukum berdasarkan kepada kemaslahatan, dan belum dan tidak ada nas maupun ketentuannya. Adalah pengertian dari
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Al Masholihul mursalah d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
132. Masalah yang lahirnya mubah ( boleh ) tetapi dapat membuka jalan untuk melakukan perbuatan yang dilarang, adalah definisi dari.....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
133. Merusak harta anak yatim, adalah termasuk Qiyas...
a. adna b. Sharih c. Khafi d. Aula e. Musawi.
134. Dalam sebuah hadits disebutkan “Tidak ada wasiat bagi ahli warits “ hadits ini bertolak belakang dengan QS Al Baqarah : 180. oleh karenanya hadits berfungsi sebagai....
a. bayan tasyri’ b. Bayan nasakh c. Bayan taqyid d. Bayan tafsir e. Bayan takhshish.

   ( ا اـحـشـر : 2 )
135. Ayat di atas merupakan salah satu dalil tentang……
a. Istihsan b. ‘Urf c. Mazhab shahabi d. Ijma’ e. Qiyas
136. Menganggap sesuatu lebih baik adalah pengertian dari...
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
137. Diantara ulama yang menolak Istihsan sebagai sumber hukum adalah....
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam Ghazali
138. Boleh memanfaatkan seluruh benda yang ada pada wakaf, walaupun segala sesuatu itu tidak dicatat dalam dalam aqad wakaf. Hal itu berdasarkan Sumber hukum islam yaitu....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
139. Seorang yang tidak diketahui kabar beritanya, maka secara hukum orang tersebut masih hidup sampai ada bukti kematiannya. Hal tersebut berdasarkan......
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
140. Membuat penjara dan mencetak uang adalah contoh hasil produk hukum dari....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Al Masholihul mursalah d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
141. Dilihat dari baik dan buruknya ‘Urf terbagi menjadi ....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
142. Perbuatan-perbuatan mukallaf yang berhubungan dengan hukum syar’i disebut....
a. mahkum fih b. mahkum alaih c. Awaridul ahliyah d. Hukum e. Amaliyah
143. Saddu dalam kalimat saddu Dzara’i artinya adalah....
a. memotong b. Melarang c. Merintangi d. Menutup e. Membiarkan.
144. Mujtahid yang menggunkan saddu Dzara’i sebagai sumber hukum adalah...
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam ghazali
145. Sikap umat terhadap hasil ijtihad terbagi....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
146. Sumber hukum Islam ada yang termasuk ikhtilaf alaih, artinya adalah...
a. disepakati b. di abaikan c. Di sukai d. Diperselisihkan e. Dipakai.

147. menerima pendapat seorang mujtahid, dan mengetahui dari mana dasar pendapat tersebut, adalh definisi dari....
a. Talfiq b. tarjih c. Ittiba’ d. Taqlid e. taqrib
148. seorang mukallaf yang perbuatannya berhubungan dengan hukum syarta’ disebut...
a. mahkum fih b. mahkum alaih c. Awaridul ahliyah d. Hukum e. Amaliyah
149. Mujtahid yang memiliki syarat-syarat ijtihad secara sempurna, tetapi dalam melakukan ijtihad, dia menggabungkan diri kepada suatu madzhab dengan mengikuti jalan yang ditempuh oleh madzhab itu, walaupun pendapatnya tidak mesti sama, adalah termasuk tingkatan mujtahid...
a. muthlaq b. muntasib c. Filmadzahib d. Murajjih e. Al mubtadi
150. Penghalang seseorang untuk melaksanakan ketentuan syar’i, sehingga seorang manusia tidak mengerjakan ketentuan, atau mendapat keringanan. Hal itu disebut….
a. Rukhshoh b. Mahkum fih c. mahkum alaih d. ‘awridul ahliyah e. khoeriyyah





















































































101. Sumber hukum islam yang bersifat ittifaq alaih terbagi menjadi
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
102. Berdasarkan ijma’ bahwa hukum mendirikan khilafah adalah......
a. pardu ain b. Pardu kifayah c. Sunnah d. Haram e. Jaiz
103. Berikut ini adalah isi pokok Al Qur’an, kecuali.....
a. Basyiran wa Nadziran b. Tauhid c. Hukum-hukum d. Mukjizat e. Ibadah dan muamalah
104. Menurut bahasa, hadits diartikan sebagai...
a. as sunah b. al khabar c. al manhaj d. al qadim e. al qudsi
105. Peristiwa Khalid bin Walid ketika memakan daging sejenis biawak adalah contoh sunah….
a. Qauliyah b. Fi’liyah c. Taqririyah d. Hammiah e. Qudsi
106. Nama lain dari hadits palsu adalah hadits…
a. maudlu b. dla’if c. gorib d. mudlthorrib e ahad
107. Sumber hukum islam yang ke 3 adalah...
a. Istihsan b. Qiyas c. Ijma’ d. Istishab e. Sunnah
108. Diantara Imam yang menolak ijma’ sukuti sebagai sumber hukum adalah....
a. Imam Syafei b. Imam hanafi c. Imam Hambali d. Imam Thobari e. Imam Sayuti.
109. Diantara ayat yang ditafsirkan maksudnya Ulil Amri sebagai Mujtahid terdapat dalam QS :
a. Ali Imran : 59 b. Al baqarah : 150 c. Al Imran : 150 d. An Nisa : 59 e. An Nahl : 20
110. Contoh hukum hasil ijma’ adalah.....
a. warisan untuk nenek adalah 1/6 b. Sholat Magrib 3 rakaat c. Adanya penjara d. Pembayaran pajak e. Dicetaknya uang.
111. Dalam penatapan hukum, al Qur’an bersifat Qillatut Taklifi artinya..
b. tidak menyulitkan b. Menyedikitkan beban c. Bersifat global d.tidak sekaligus e. Berangsur-angsur.
112. Suatu permasalahan yang baru ditemukan, dan belum ada hukumnya dalam nas, akan tetapi jika illatnya sama dengan permasalahan yang sudah ada hukumnya, maka masalah tersebut hukumnya sama. Permasalahan baru itu dalam Qiyas disebut......
a. Illat b. Al Ashlu c. Al hukmu d. Al far’u e. Al Qiyas.
113. Talfiq boleh dilakukan jika ada uzur atau situasi yang tidak terhindarkan. Pendapat ini adalah menurut...
a. Imam Syafei b. Imam Maliki c. Imam Hanafi d. Imam Ghazali e. Imam Hambali.
114. para ulama menetapkan bahwa Taqlid Mazmumumah hukumnya adalah....
a. jaiz b. Makruh c. Wajib d. Haram e. Sunah
115. Dinukilkan oleh orang yang adil, sanadnya bersambung, tidak ada ilat maupun Syad, tapi kurang dlabit, adalah pengertian hadits…
a. gorib b mauquf c marfu d. hasan e. A’ziz
116.
ا تـفـا ق جـمـيع ا لـمـجـتـهـد يـن مـن ا لـمـسـلـمـيـن فى عـصــر مـن ا لـعـصـور بـعـد وفـاة ا لـرسـو ل عـلى حـكـم شـر عـيى فى وا قـع مـن ا لـو قـا ئــع
Kalimat diatas merupakan definisi dari…..
a. Qiyas b. Istihsan c. Ijma’ d. Mashlahah ar mursalah e.’Urf
117. Tidak membantah pendapat mujtahid yang lain walaupun tidak setuju adalah merupakan ijma’....
a. Qauli b. Sukuti c. Kinayah d. Sharih e. Naumi
118. Ijma’ yang pertama kali dilakukan dalam ajaran islam adalah.....
a. pengumpulan dan pembukuan al Qur’an b. Menetapkan sunnah sebagai sumber hukum c. Pengangkatan khalifah d. Pendirian ‘Aqdiyah e. Penentuan satu Ramadhan.
119. Hadits yang periwayatannya disandarkan kepada sahabat disebut hadits….
a. maukup b. mursal c. shahih d maqthu’ e. marfu’
120. Diantara fungsi hadits adalah memberikan rincian dan tafsiran terhadap ayat qur’an yang masih bersifat global, yang disebut...
a. bayan tasyri’ b. Bayan nasakh c. Bayan taqyid d. Bayan tafsir e. Bayan takhshish.
121. Jika hukum Al far’u lebih utama dari hukum Al Ashlu, maka disebut qiyas.....
a. adna b. Sharih c. Khafi d. Aula e. Musawi.
122. Istilah lain untuk “ tindakan preventif “ dalam sumber hukum islam adalah...
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.




لا تـجـتـمـع أ مـتى عـلى ا لــضـلا لـة ( ر و ا ه أ بـن مـا جـه )
123. Yang dimaksud dalam hadits di atas adalah berkaitan dengan masalah……
a. Qiyas b. Istihsan c. ’Urf d. Ijma’ e. Mashlahah ar mursalah
124. Qiyas menurut bahasa adalah.....
a. melihat b. Menanam c. Mencari d. Mengukur e. memotong
125.
أ لـحـا ق أ مـر غـيـر مـنـصـو ص عـلى حـكـمـه بـأ مـر آ خـر مـنـصـو ص عـلى حـكـمـه لا شـتـرا ك بـيـنـهـمـا فى عـلـة ا لـحـكـم
Pernyataan di atas adalah merupakan definisi dari…..
a. Qiyas b. Istihsan c. ’Urf d. Ijma’ e.Mashlahah ar mursalah
126. Jumlah rukun qiyas adalah...
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
127. Hukum taklifi terbagi menjadi...
a. 3 b. 4 c. 5 d. 6 e. 7
128. Diantara Ulama yang menggunakan Istihsan sebagai Sumber hukum adalah...
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam Ghazali
129. Ijtihad yang dilakukan terhadap sesuatu masalah atau peristiwa yang belum terjadi hukumnya adalah...
a. wajib ‘ain b. wajib kifayah c. Sunah d. Makruh e. Mubah
130. Berdasarkan kuat lemahnya hukum, maka qiyas dibagi menjadi.....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
131. Penetapan hukum berdasarkan kepada kemaslahatan, dan belum dan tidak ada nas maupun ketentuannya. Adalah pengertian dari
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Al Masholihul mursalah d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
132. Masalah yang lahirnya mubah ( boleh ) tetapi dapat membuka jalan untuk melakukan perbuatan yang dilarang, adalah definisi dari.....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
133. Merusak harta anak yatim, adalah termasuk Qiyas...
a. adna b. Sharih c. Khafi d. Aula e. Musawi.
134. Dalam sebuah hadits disebutkan “Tidak ada wasiat bagi ahli warits “ hadits ini bertolak belakang dengan QS Al Baqarah : 180. oleh karenanya hadits berfungsi sebagai....
a. bayan tasyri’ b. Bayan nasakh c. Bayan taqyid d. Bayan tafsir e. Bayan takhshish.

   ( ا اـحـشـر : 2 )
135. Ayat di atas merupakan salah satu dalil tentang……
a. Istihsan b. ‘Urf c. Mazhab shahabi d. Ijma’ e. Qiyas
136. Menganggap sesuatu lebih baik adalah pengertian dari...
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
137. Diantara ulama yang menolak Istihsan sebagai sumber hukum adalah....
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam Ghazali
138. Boleh memanfaatkan seluruh benda yang ada pada wakaf, walaupun segala sesuatu itu tidak dicatat dalam dalam aqad wakaf. Hal itu berdasarkan Sumber hukum islam yaitu....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
139. Seorang yang tidak diketahui kabar beritanya, maka secara hukum orang tersebut masih hidup sampai ada bukti kematiannya. Hal tersebut berdasarkan......
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
140. Membuat penjara dan mencetak uang adalah contoh hasil produk hukum dari....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Al Masholihul mursalah d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
141. Dilihat dari baik dan buruknya ‘Urf terbagi menjadi ....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
142. Perbuatan-perbuatan mukallaf yang berhubungan dengan hukum syar’i disebut....
a. mahkum fih b. mahkum alaih c. Awaridul ahliyah d. Hukum e. Amaliyah
143. Saddu dalam kalimat saddu Dzara’i artinya adalah....
a. memotong b. Melarang c. Merintangi d. Menutup e. Membiarkan.
144. Mujtahid yang menggunkan saddu Dzara’i sebagai sumber hukum adalah...
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam ghazali
145. Sikap umat terhadap hasil ijtihad terbagi....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
146. Sumber hukum Islam ada yang termasuk ikhtilaf alaih, artinya adalah...
a. disepakati b. di abaikan c. Di sukai d. Diperselisihkan e. Dipakai.

147. menerima pendapat seorang mujtahid, dan mengetahui dari mana dasar pendapat tersebut, adalh definisi dari....
a. Talfiq b. tarjih c. Ittiba’ d. Taqlid e. taqrib
148. seorang mukallaf yang perbuatannya berhubungan dengan hukum syarta’ disebut...
a. mahkum fih b. mahkum alaih c. Awaridul ahliyah d. Hukum e. Amaliyah
149. Mujtahid yang memiliki syarat-syarat ijtihad secara sempurna, tetapi dalam melakukan ijtihad, dia menggabungkan diri kepada suatu madzhab dengan mengikuti jalan yang ditempuh oleh madzhab itu, walaupun pendapatnya tidak mesti sama, adalah termasuk tingkatan mujtahid...
a. muthlaq b. muntasib c. Filmadzahib d. Murajjih e. Al mubtadi
150. Penghalang seseorang untuk melaksanakan ketentuan syar’i, sehingga seorang manusia tidak mengerjakan ketentuan, atau mendapat keringanan. Hal itu disebut….
a. Rukhshoh b. Mahkum fih c. mahkum alaih d. ‘awridul ahliyah e. khoeriyyah





















































































لا تـجـتـمـع أ مـتى عـلى ا لــضـلا لـة ( ر و ا ه أ بـن مـا جـه )
101. Yang dimaksud dalam hadits di atas adalah berkaitan dengan masalah……
a. Qiyas b. Istihsan c. ’Urf d. Ijma’ e. Mashlahah ar mursalah
102. Hukum taklifi terbagi menjadi...
a. 3 b. 4 c. 5 d. 6 e. 7
103. Ijtihad yang dilakukan terhadap sesuatu masalah atau peristiwa yang belum terjadi hukumnya adalah...
a. wajib ‘ain b. wajib kifayah c. Sunah d. Makruh e. Mubah
104. Berdasarkan kuat lemahnya hukum, maka qiyas dibagi menjadi.....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
105. Qiyas menurut bahasa adalah.....
a. melihat b. Menanam c. Mencari d. Mengukur e. memotong
106.
أ لـحـا ق أ مـر غـيـر مـنـصـو ص عـلى حـكـمـه بـأ مـر آ خـر مـنـصـو ص عـلى حـكـمـه لا شـتـرا ك بـيـنـهـمـا فى عـلـة ا لـحـكـم
Pernyataan di atas adalah merupakan definisi dari…..
a. Qiyas b. Istihsan c. ’Urf d. Ijma’ e.Mashlahah ar mursalah
107. Jumlah rukun qiyas adalah...
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
108. Diantara Ulama yang menggunakan Istihsan sebagai Sumber hukum adalah...
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam Ghazali
109. Penetapan hukum berdasarkan kepada kemaslahatan, dan belum dan tidak ada nas maupun ketentuannya. Adalah pengertian dari
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Al Masholihul mursalah d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
110. Masalah yang lahirnya mubah ( boleh ) tetapi dapat membuka jalan untuk melakukan perbuatan yang dilarang, adalah definisi dari.....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
111. Merusak harta anak yatim, adalah termasuk Qiyas...
a. adna b. Sharih c. Khafi d. Aula e. Musawi.
112. Dalam sebuah hadits disebutkan “Tidak ada wasiat bagi ahli warits “ hadits ini bertolak belakang dengan QS Al Baqarah : 180. oleh karenanya hadits berfungsi sebagai....
a. bayan tasyri’ b. Bayan nasakh c. Bayan taqyid d. Bayan tafsir e. Bayan takhshish.

113. Talfiq boleh dilakukan jika ada uzur atau situasi yang tidak terhindarkan. Pendapat ini adalah menurut...
a. Imam Syafei b. Imam Maliki c. Imam Hanafi d. Imam Ghazali e. Imam Hambali.
114. Ijma’ yang pertama kali dilakukan dalam ajaran islam adalah.....
a. pengumpulan dan pembukuan al Qur’an b. Menetapkan sunnah sebagai sumber hukum c. Pengangkatan khalifah d. Pendirian ‘Aqdiyah e. Penentuan satu Ramadhan.
115. para ulama menetapkan bahwa Taqlid Mazmumumah hukumnya adalah....
a. jaiz b. Makruh c. Wajib d. Haram e. Sunah
116. Dinukilkan oleh orang yang adil, sanadnya bersambung, tidak ada ilat maupun Syad, tapi kurang dlabit, adalah pengertian hadits…
a. gorib b mauquf c marfu d. hasan e. A’ziz
117. Diantara fungsi hadits adalah memberikan rincian dan tafsiran terhadap ayat qur’an yang masih bersifat global, yang disebut...
a. bayan tasyri’ b. Bayan nasakh c. Bayan taqyid d. Bayan tafsir e. Bayan takhshish.

118.
ا تـفـا ق جـمـيع ا لـمـجـتـهـد يـن مـن ا لـمـسـلـمـيـن فى عـصــر مـن ا لـعـصـور بـعـد وفـاة ا لـرسـو ل عـلى حـكـم شـر عـيى فى وا قـع مـن ا لـو قـا ئــع
Kalimat diatas merupakan definisi dari…..
a. Qiyas b. Istihsan c. Ijma’ d. Mashlahah ar mursalah e.’Urf
119. Tidak membantah pendapat mujtahid yang lain walaupun tidak setuju adalah merupakan ijma’....
a. Qauli b. Sukuti c. Kinayah d. Sharih e. Naumi
120. Hadits yang periwayatannya disandarkan kepada sahabat disebut hadits….
a. maukup b. mursal c. shahih d maqthu’ e. marfu’
121. Istilah lain untuk “ tindakan preventif “ dalam sumber hukum islam adalah...
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
122. Jika hukum Al far’u lebih utama dari hukum Al Ashlu, maka disebut qiyas.....
a. adna b. Sharih c. Khafi d. Aula e. Musawi.




123. Sumber hukum islam yang bersifat ittifaq alaih terbagi menjadi
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
124. Nama lain dari hadits palsu adalah hadits…
a. maudlu b. dla’if c. gorib d. mudlthorrib e ahad
125. Sumber hukum islam yang ke 3 adalah...
a. Istihsan b. Qiyas c. Ijma’ d. Istishab e. Sunnah
126. Berdasarkan ijma’ bahwa hukum mendirikan khilafah adalah......
a. pardu ain b. Pardu kifayah c. Sunnah d. Haram e. Jaiz
127. Berikut ini adalah isi pokok Al Qur’an, kecuali.....
a. Basyiran wa Nadziran b. Tauhid c. Hukum-hukum d. Mukjizat e. Ibadah dan muamalah
128. Menurut bahasa, hadits diartikan sebagai...
a. as sunah b. al khabar c. al manhaj d. al qadim e. al qudsi
129. Peristiwa Khalid bin Walid ketika memakan daging sejenis biawak adalah contoh sunah….
a. Qauliyah b. Fi’liyah c. Taqririyah d. Hammiah e. Qudsi
130. Diantara Imam yang menolak ijma’ sukuti sebagai sumber hukum adalah....
a. Imam Syafei b. Imam hanafi c. Imam Hambali d. Imam Thobari e. Imam Sayuti.
131. menerima pendapat seorang mujtahid, dan mengetahui dari mana dasar pendapat tersebut, adalh definisi dari....
a. Talfiq b. tarjih c. Ittiba’ d. Taqlid e. taqrib
132. seorang mukallaf yang perbuatannya berhubungan dengan hukum syarta’ disebut...
a. mahkum fih b. mahkum alaih c. Awaridul ahliyah d. Hukum e. Amaliyah
133. Mujtahid yang memiliki syarat-syarat ijtihad secara sempurna, tetapi dalam melakukan ijtihad, dia menggabungkan diri kepada suatu madzhab dengan mengikuti jalan yang ditempuh oleh madzhab itu, walaupun pendapatnya tidak mesti sama, adalah termasuk tingkatan mujtahid...
a. muthlaq b. muntasib c. Filmadzahib d. Murajjih e. Al mubtadi
134. Diantara ayat yang ditafsirkan maksudnya Ulil Amri sebagai Mujtahid terdapat dalam QS :
a. Ali Imran : 59 b. Al baqarah : 150 c. Al Imran : 150 d. An Nisa : 59 e. An Nahl : 20

135. Contoh hukum hasil ijma’ adalah.....
a. warisan untuk nenek adalah 1/6 b. Sholat Magrib 3 rakaat c. Adanya penjara d. Pembayaran pajak e. Dicetaknya uang.
136. Dalam penatapan hukum, al Qur’an bersifat Qillatut Taklifi artinya..
c. tidak menyulitkan b. Menyedikitkan beban c. Bersifat global d.tidak sekaligus e. Berangsur-angsur.
   ( ا اـحـشـر : 2 )
137. Ayat di atas merupakan salah satu dalil tentang……
a. Istihsan b. ‘Urf c. Mazhab shahabi d. Ijma’ e. Qiyas
138. Menganggap sesuatu lebih baik adalah pengertian dari...
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
139. Suatu permasalahan yang baru ditemukan, dan belum ada hukumnya dalam nas, akan tetapi jika illatnya sama dengan permasalahan yang sudah ada hukumnya, maka masalah tersebut hukumnya sama. Permasalahan baru itu dalam Qiyas disebut......
a. Illat b. Al Ashlu c. Al hukmu d. Al far’u e. Al Qiyas.
140. Diantara ulama yang menolak Istihsan sebagai sumber hukum adalah....
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam Ghazali
141. Boleh memanfaatkan seluruh benda yang ada pada wakaf, walaupun segala sesuatu itu tidak dicatat dalam dalam aqad wakaf. Hal itu berdasarkan Sumber hukum islam yaitu....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
142. Penghalang seseorang untuk melaksanakan ketentuan syar’i, sehingga seorang manusia tidak mengerjakan ketentuan, atau mendapat keringanan. Hal itu disebut….
a. Rukhshoh b. Mahkum fih c. mahkum alaih d. ‘awridul ahliyah e. khoeriyyah
143. Seorang yang tidak diketahui kabar beritanya, maka secara hukum orang tersebut masih hidup sampai ada bukti kematiannya. Hal tersebut berdasarkan......
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Istihsan d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.



144. Membuat penjara dan mencetak uang adalah contoh hasil produk hukum dari....
a. Istishab b. Al ‘Urf c. Al Masholihul mursalah d. Sadu Dzara’i e. Mazhab Shahabi.
145. Dilihat dari baik dan buruknya ‘Urf terbagi menjadi ....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
146. Perbuatan-perbuatan mukallaf yang berhubungan dengan hukum syar’i disebut....
a. mahkum fih b. mahkum alaih c. Awaridul ahliyah d. Hukum e. Amaliyah
147. Saddu dalam kalimat saddu Dzara’i artinya adalah....
a. memotong b. Melarang c. Merintangi d. Menutup e. Membiarkan.
148. Mujtahid yang menggunkan saddu Dzara’i sebagai sumber hukum adalah...
a. Imam Syafe’i b. Imam hanafi c. Imam Maliki d. Imam hambali. e. Imam ghazali
149. Sikap umat terhadap hasil ijtihad terbagi....
a. 2 b. 3 c. 4 d. 5 e. 6
150. Sumber hukum Islam ada yang termasuk ikhtilaf alaih, artinya adalah...
a. disepakati b. di abaikan c. Di sukai d. Diperselisihkan e. Dipakai.

Tidak ada komentar: