Mengenai Saya

Foto saya
Science without religion is blind and Religion without science is lame

Jumat, 12 November 2010

> SUPAYA STARUP KOMPUTER LEBIH CEPAT

dulu saya pernah baca di artikel majalah komputer (nama majalahnya lupa), salah satu cara agar startup komputer jadi cepat adalah dengan menghapus semua file *.pf yang ada pada direktori C:\Windows\Prefetch (untuk windows XP). jadi tiap mau matiin komputer, selalu hapus dulu semua file *.pf yang ada di C:\Window\Prefetch supaya nanti klo nyalain komputer, startup-nya jadi cepat.

nah, ada cara agar kita ga perlu menghapus dulu file tersebut sebelum shutdown, yaitu dengan men-disable Prefetch. caranya dengan mengedit nilai registry windows.
buka dulu regedit (start menu » run, lalu ketik regedit, press OK). lalu pergi ke alamat HKEY_LOCAL_MACHINE — SYSTEM — ControlSet001 — Control — Session Manager — Memory Management — PrefetchParameters. ubah nilai registry untuk valuename EnablePrefetcher menjadi 0. secara default nilai valuename EnablePrefetcher adalah 1 (1 berarti enable). dengan mengubah nilainya menjadi 0 (dalam biner 0 adalah negasi dari 1), berarti kita sudah men-disable Prefetch dalam window. simple kan… met nyoba

Trik-Trik agar Komputer Berjalan Lebih Cepat
Punya komputer yg speknya biasa2 aja bahkan agak "maksa", tapi kepingin lebih "kenceng"? Atau ingin komputer berjalan lebih cepat dari biasanya? Ini dia Tips N Triksnya!

1. Matikan Fasilitas Indexing Services

* Bukalah Windows Explorer.
* Klik kanan ikon HardDrive\HardDisk (C:\) dan pilih Properties.
* Pada bagian bawah Window ini anda akan melihat "Allow indexing

service to index this disk for faster searches". Nah, matikanlah fitur ini dengan tidak mencentang boks yang tersedia.
* Klik tombol OK.
* Akan muncul sebuah Windows (jendela baru). Anda harus memilih opsi

yang ditawarkan.
* Jika anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah opsi Apply change to c:\, sublfoders and files.
* Klik tombol OK Dengan cara ini, indexing services tidak dijalankan di satu HardDrive saja. Jika anda berniat untuk menghentikan indexing services untuk seluruh HardDrive, lakukanlah cara berikut ini:
* Bukalah Control Panel.
* Klik Add/remove programs.
* Klik Add/remove window components.
* Jangan centang (uncheck) opsi indexing serices.
* Klik tombol Next.
* Klik tombol Finish.

2. Tanpa Wallpaper

Ternyata Wallpaper di desktop memakan sejumlah memori di RAM komputer kita. Akibatnya, komputer kita berjalan lebih lamban (walau pun dikit). (Kayanya yang ini ga ngaruh2 banget ya? Jadi sepi dong Komputernya? Dengan adanya wallpaper ini juga memperlambat saat kompie StartUp. Tips ini cocok buat Kompie PII/PIII awal yang maksain pake XP ber-SP dan RAM yg terbatas!).

3. Matikan Update Otomatis

* Bukalah control panel.
* Klik ikon system.
* Klik tab Automatic Updates.
* Klik Turn Off Automatic Updates.
* Klik tombol OK.

4. Optimalkan Pagefile

Secara standar, windows XP mematok ukuran pagefile adalah 1,5 kali lipat dari kapastias RAM fisik. Misal, jika RAM komputer anda adalah 256 MB maka XP akan mematok ukuran pagefile menjadi 384 MB. Patokan ini tidak selalu optimal. Patokan pagefile 1,5 kali lipat dari RAM hanyacocok jika RAM komputer anda dibawah 512 MB. semakin besar pagefile tidak berarti akan memberikan kinerja yang lebih bagus, kenapa? Karena transfer data lebih banyak dilakukan ke HardDisk ketimbang ke RAM. Padahal transfer langsung ke RAM lebih cepat ketimbang transfer ke HardDisk.Jika RAM di komputer anda berukuran 512MB atau lebih besar lagi, perbandingan yang tepat untuk pagefile adalah 1:1. Jika RAM anda 512 MB maka pagefilenya pun sebaik 512 MB. Jika RAM anda 1 GB maka pagefile anda pun sebaiknya 1 GB. Ini langkah2 untuk mengubah setting pagefile:

* Bukalah windows explorer.
* Klik ikon My Computer dengan tombol kanan mouse.
* Pilih Properties.
* Pilih tab Advanced.
* Pada bagian Performance, kliklah tombol Settings. akan muncuk kotak dialog Performance Options.
* Pilih tab Advance.
* Klik tombol Change yang berada di bagian Virtual Memory.
* Pilih drive yang berisikan pagefile.
* Samakan nilai initial size dengan maximum size dengan patokan yang

telah dibahas di atas.
* Klik tombol Set.
* Klik tombol OK>OK>OK.
* Jika komputer anda meminta untuk restart tekan tombol Yes.

5. Matikan Port yang Tidak Terpakai

* Bukalah control panel.
* Klik ikon System.
* Klik tab hardware.
* Klik tombol device manager.
* Browselah bagian Port, dan klik kanan port yang akan anda matikan.
* Pilih obsi Disable.
* Akan muncul dialog box. Klik tombol Yes.

6. Jangan terlalu banyak menaruh ShortCut pada desktop atau hapus Icon ShorCut pada desktop. Sisakan kira2 5 icon saja (itu juga yang penting2 aja! Winamp? pasti!)

7. Matikan StartUp aplikasi yang ng'gak perlu. Karena akan memperlambat Windows pada saat SartUp. Misalnya: Winamp, Adobe Reader, Nero, & Aplikasi2 yg menanyakan UpDate (OnLine) pada saat StartUp. Caranya:

* Buka jendela Run, StartMenu>Run lalu ketikkan "msconfig" (tanpa tanda

petik "").
* Klik pada tab Sartup.
* Hilangkan tanda centang pada aplikasi yang akan dimatikan pada saat

Startup.

8. Hilangkan BootGui (gambar Windows XP) pada saat Booting. Ini berguna untuk mempercepat waktu booting. Caranya:

* Buka jendela Run, StartMenu>Run lalu ketikkan "msconfig" (tanpa tanda petik "").
* Klik pada tab BOOT.INI.
* Beri tanda centang pada /NOGUIBOT.

9. Ni kalo Install SoftWare mending pilih custom! Kenapa hayo? Karena kita bisa memilih sendiri fitur2 yg diperlukan atau yg engga sama sekali dari SoftWare yg kita Install. Soalnya makin banyak fitur yang di Install maka makin berat juga program tersebut untuk dijalankan dan makin besar juga bobot didalam HardDisk.Misalnya kaya Winamp anda ngga pernah make Winamp Agent, ya udah ga usah di Install. Trus ky MP Classic yg baru kan bisa nongolin Thumbnail pada .ext seperti: .3gp, .flv, dll. Ya klo mo kompinya cepet mending ga usah ikut di Install.

10. Optimalkan pendinginan komputer. Maksudnya jaga suhu kompie agar tidak terlalu panas, karena kompie yang suhunya terlalu panas akan mengakibatkan kompie akan melambat bertahap kemudian Hang. Tipsnya bersihkan HardWare bagian dalam kompie yang berdebu secara berkala, khususnya pada bagian Proccessor.

11. Matikan Visual Style pada Windows. Misal ganti theme XP menjadi Theme Classic.

12. Install Font sedikit ajah, yang perlu-perlu aja misal klo dibutuhkan untuk editing. Soale bikin berat juga tuh.

13. Matikan sound pada Windows, karena dengan si Windows mengeluarkan suara-suara maka akan akan "makan" RAM dan memerlukan aktifitas dari si mbah Proccessor. Jadi bikin berat kan? Cara matiin Sound scheme:

* Buka kontrol panel Start>Control panel>Sounds and Audio Devices.
* Klik tab sounds.
* Klik ComboBox pilih "No sound".

selamat mencoba tapi ingat tampilan ngk begitu bagus tapi ngk ngaruh untuk desain grafis dan rendering video

ADA LAGI NI ....
Tulisan ini saya sarikan dari tulisan Roland Waddilove di majalah Web User edisi september 07. Semoga ada gunanya, karena aku telah mencobanya dan emang bekerja dengan baik di komputerku. Mungkin bahkan sebagian trip n trik ini pernah dicoba sendiri oleh pembaca, paling tidak tips n trik ini layak dicoba, namun perlu hati-hati kutak-katiknya karena berkaitan dengan jeroannya windows xp.
1. Kosongkan folder Startup. KlikStart, All Programs, Startup. Klik dan tarik program yang tidak selalu diperlukan ketika startup ke, misalnya, desktop. Ntar kalo anda butuh program tsb anda dapat mengkliknya dari desktop.
2.Nonaktifkan program start-up. Untuk menonaktifkan program-program yg tidak diperlukan ketika startup adalah klik Start, Run, lalu ketik msconfig dan klik OK. Lihat daftar program yg ada dan buang tanda cek untuk program yang tidak anda butuhkan. Jika tidak yakin apakah program tsb berguna atau tidak lihat dan dalam daftar di www.sysinfo.org/startuplist.php
3. Pilih Font sesuai kebutuhan. Banyak program yg mengistal font ke dalam komputer anda, yg sudah pasti menambah waktu yg diperlukan bagi Windows utk start-up. Untuk membuang font yg tidak diperlukan, pergi ke Control Panel, ubah tampilan ke Classic View dan dobel klik Fonts. Lalu dobel klik utk melihatnya, jika tidak diperlukan pindah aja ke folder lain yg nantinya bisa anda kembalikan kalo menginginkannya kembali. Atau bisa juga gunakan program FontExpert 2007, dari www.ProximaSoftware.com, klik kanan pada font dan pilih deactivate utk tidak mengaktifkannya.
4. Buang Driver lama yang tidak dipakai lagi. Jika Anda melepas hardware dari sistem maka anda haru juga membuang software driver yang berkaitan. Gunakan Add or Remove Programs dalam Control Panel untuk membuang software dan driver yang berkaitan yang tidak diperlukan lagi.
5. Stop aja service yang tidak diperlukan. Service adalah program yang berjalan secara latar pada sistem komputer anda. Tidak semua service diperlukan, dan dapat dinonaktifkan. Klik Start, Run lalu ketik services.msc dan klik OK utk melihat semua service yang sedang berjalan. Pilih service yang ada dan deskripsi akan muncul di kiri apa fungsinya. Dobel klik service dan set ’service type’ untuk menonaktifkannya. Namun hati-hati ini hanya boleh anda lakukan jika anda yakin ini tidak bakalan membuat windows anda berantakan lho…Contoh service yg tidak perlu adalah Uninterruptible Power Supply, Messenger, Alerter, Clipbook, Remote Registry, Network DDE dan Machine Debug Manager. Info yg berguna berkaitan dg service dpt diperoleh di www.govermentsecurity.org/archive/t1417.html dan www.smartadmin.in/dis_un_srv.
6. Nonaktifkan ‘file and printer sharing. Jika tak ada jaringan di rumah anda , maka tidak perlu berbagi file dan printer, jadi anda dapat menonaktifkan opsi ini untuk membuat kenceng saat start-up komputer anda. Caranya mudah kok. Masuk ke Control Panel, dobel klik Network Connections. Klik kanan tiap ikon dan pilih Properties. Uncheck aja “File and Printer Sharing for Microsoft Networks”.
7. Defrag hard disk secara teratur. File-file yang digunakan untuk menjalankan Windows setelah sekian lama akan tersebar di hard disk anda, yang dapat membuat lelet proses start-up. Defragmentasi dapat merapikan file-file tersebut agar lebih cepat diakses. Caranya, klik Start, All Programs, Accessories, System Tools, Disk Defragmeter. Atau gunakan TuneUp Utilities 2007 dari TuneUp Software GmbH, utk defragmentasi yang lebih baik. Dengan Tuneup ini, anda dapat juga mendefragmentasi membersihkan registry supaya komputer anda makin wes.. e wes.
8. Atur urutan Booting up. Komputer dapat mulai membaca system dari hard disk atau disket, CD atau DVD-ROM, USB Flash atau hard disk eksternal. Pastikan hard disk adalah yang pertama kali diakses Windows. Gunakan BIOS Setup Utility di komputer anda. Carilah urutan Booting-up , pastikan hard disk di urutan pertama. Tidak ada salahnya konsultasi dengan mengunjungi situs Tom’s Hardware untuk informasi lebih lanjut.
9. Kosongkan CD/DVD drive. Ketika mulai booting-up, komputer akan mengecek CD/DVD drive apakah ada disk di dalamnya, mungkin anda dengar suara drive yang berputar. Ambil disk di dalam CD/DVD drive sebelum mematikan komputer dan ketika anda menyalakan kembali lain waktu komputer tidak perlu repot-repot buang waktu mengecek isi CD/DVD drive.
10. Bersihkan folder Prefetch. Windows menyimpan kopi program yang barusan diakses di folder Windows/Prefetch supaya mempercepat proses pencarian di hard disk. Namun beberapa pakar PC menyatakan bahwa lebih baik membersihkan folder Prefetch secara teratur ini untuk menjaga loading program minimum ketika anda gunaka komputer anda kembali. Meskipun ada juga yang tidak setuju. Coba aja deh, aman kok dan rasakan bedanya.

Tidak ada komentar: